Sabtu, 12 Januari 2013

Belajar dan Hidup

Eh tau ga? Niat aku tuh mau nulis prosa atau puisi gitu. Tapi entah kenapa ga ada yang bisa aku ketik. Malah jadinya curhat gini -_- biasanya aku nulis itu kalo lagi galau atau sedih. Ini berarti, aku udah ga galauin "kamu" lagi. Aku udah bisa terima kamu pergi jauh. Iya, jauh. Kalo bisa jangan nampakin muka kamu depan aku. Usaha aku selama ini ya itu, jauh dari kamu. Usaha kamu apa? Nyembunyiin kedeketan kamu sama orang lain ya? Ga usah itu mah. Aku gapapa kok. Liat ini aja aku ga bisa bikin prosa. Kamu tau kan dulu aku pernah galauin siapa dan tercipta banyak prosa dan puisi yang geleh geleh itu :p
Aku benci semua orang yang ngira aku masih sayang sama kamu. Aku benci.
Aku benci mereka ngebuat aku diem kalo lagi deket kamu. Aku benci.
Kamu ga perlu tau sebenernya segimana susahnya dulu aku senyum didepan kamu dan yg lain disaat udah ga ada lagi "kita". Segimana susahnya tetep senyum saat mereka dapet kabar dari kamu sedangkan aku cuma bisa berharap, harapan yang harusnya ga ada, kosong, dulu. Iya, dulu.
Kenapa ya orang suka ngebicarain "dulu"? Termasuk aku. Dulu. Dulu yang ngebahagiain, dulu yang nyakitin, dulu yang penuh harapan, dulu yang ngecewain, dulu yang sangat mengesankan. Dulu yang ada "kita". Engga, aku ga galau. Aku cuma tertarik buat ngebahas ini.
Katanya sih, hidup itu kayak bumi yang lagi berputar pada porosnya. Ada saatnya kita kena cahaya matahari, hangat, terang. Dan ada kalanya juga kita dimakan gelapnya malam saat matahari sedang bertugas menyinari bagian lain dari bumi ini. Dingin. Dan ketahuilah, seperti hidup, kita ga akan menikmati indah dan hangatnya fajar pada pagi hari kalo kita ga merasakan gelap dan dinginnya malam. Kita harus bertahan setidaknya 12 jam untuk mencari sumber cahaya dan hangat yang lain. Kita belajar dari susahnya mencari sumber, misalnya lilin. Kadang terkena lelehan atau terbakar sedikit. Kita terus belajar hingga kita tak perlu terluka lagi saat menghidupkan lilin.
Tetapi pertanyaannya adalah hidup untuk belajar atau belajar untuk hidup?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar